greeting from the green green grass

greeting from the green green grass

Tuesday, December 15, 2015

Kudus Travel Guide - Part 1: Makanan Khas Kudus

Haloooo!!! Nggak terasa udah Desember yaa, udah musim hujan, mau musim KKN juga (lah terus, tis? apa hubungannya??!!!) Jadiii karena udah musim KKN dan beberapa temen dapet KKN di Kudus, berhubung aku lahir dan tinggal di Kudus jadi sering ditanyain "eh di Kudus yg enak apa?" "eh kalo mau beli ini di kudus dimana?" "mau jalan2 di kudus tempatnya mana aja?" "mau ruqyah di kudus di mana ya?" jadi mending aku post di blog aja yaa. Biar pada gampang bacanya, terus juga kalo aku menghilang nggak bales line you guys are still able to find good places in this small town ehehe :')
Di part 1 ini aku akan bahas tentang makanan khas kudus dulu yaaa. Just because ini banyak yang nanyain, just because aku lagi laper lagi hujan pengen soto, ahsudahlah...

1. Soto Kudus
Perbedaan yang mencolok dari soto Kudus dan soto lainnya adalah kalo soto kudus dagingnya pake daging kerbau. Well ini udah dari zaman wali songo dulu, kalo di Kudus nggak dibolehin Sunan Kudus buat menyembelih sapi karena sapi hewan suci buat umat Hindu. Saat itu warga Kudus masih kebanyakan adalah umat hindu, sehingga biar bisa hidup rukun berdampingan maka Sunan Kudus membuat peraturan ini buat warga muslim. Kebiasaan ini masih berlaku sampe sekarang, makanya banyak makanan khas Kudus yang terbuat dari daging kerbau. Dan soto kudus nggak pake mi kayak soto semarang yaa jadi kalian nggak bakal nemu bihun di dalam semangkok soto Kudus wkwkwk. Beberapa tempat yang terkenal dengan soto Kudus antara lain:
- Soto Kudus Pak Denuh
tempatnya di Tosera dekat alun2 kudus, tepatnya seberang Ramayana Mall Kudus. Kalo dari alun2 bisa dilihat ada kantor kabupaten Kudus, nah di sebelahnya ada deretan ruko warna ijo (agak old style ya menurutku soalnya ini udah ada dari aku kecil). Di Tosera Kudus ini ada banyak soto Kudus dan makanan khas Kudus lainnya.
-Soto Ayam Pak Ramidjan
kalo dari ADA Kudus, jalan terus sampe ada Pasar di kanan jalan. Nerus dikit, dari arah ADA warung sotonya ada di kanan jalan nggak jauh setelah pasar.

2. Nasi Pindang
Jangan bayangkan nasi pindang yang dijual di Kudus adalah nasi dan ikan pindang yang biasa buat makan kucing, karena sesungguhnya pindang artinya ikan. Ikan artinya iwak, dalam bahasa Jawa bisa juga mempunyai arti lauk. Jadi nasi pindang yang dimaksud adalah nasi dengan lauk daging kerbau/ kebo (kelamaan ih ngetik kerbau, wong kudus nek ngarani kerbau yo kebo he'e aaa*iyain aja.) Basically nasi pindang sama kayak rawon, cuma beda nama dan daging yang dipake aja. Kalo aku biasanya beli nasi pindang di warung soto kudus juga karena yang jual soto kudus juga jual nasi pindang juga gitu (re; bundling packet wkwk)

3. Sate Kebo
Lagi-lagi banyak orang luar Kudus suka nanya "eh emang enak daging kebo kan kebo item? kebo kan alot gaenak enakan mah sapi? aneh banget makan kebo". Yhaaaa aku memaklumi karena kalian nggak tumbuh di tempat dimana kerbau jadi daging utama buat masakan. Kalo masalah rasa, menurutku daging kebo nggak kalah enak sama sapi. Selama aku makan daging kebo disini enak2 aja nggak alot, empuk dan bumbunya meresap (atau itu karena orang Kudus sudah terbiasa memasak kebo dari zaman nenek moyang? Entahlah.) Oke back to sate kebo ya, sate kebo bumbunya beda dari sate yang lain. Rempahnya kerasa dan biasanya dibungkus pake daun jati jadi sedaaap. Aku biasanya beli deket rumah hehe nggak pernah cobain yang lainnya. Agak jarang sih yang jual nggak sebanyak soto kudus tapi bisa kok ditemuin di jalanan Kudus, di deket GOR juga ada.

4. Lentog Kudus
Makanan khas yang satu ini cuma ada kalo pagi hari aja ya gaes, jam 11 juga paling udah siap2 balik yang jualan wkwk. Piringnya kecil jadi porsi sarapan pas banget yaaa nggak pas sih sebenernya buktinya kalo aku makan selalu 2 porsi (?) Isinya ada lontong, tahu, sama sayur nangka muda (tewel, kluweh, whatever you call it). Kuahnya kuah santan dan sambelnya cair warna merah. Ini makanan padahal lauknya cuma tahu tapi kenapa enak bangeeetttt? PS: it's my favs even though i'm so picky of food. Harganya murah banget, paling mahal ya paling 5 ribu rupiah aja. Gampang banget kalo mau beli lentog, tinggal bangun pagi keluar gang juga pasti ada yang jual hehehehe.

5. Jagung Bakar
Jauh-jauh ke Kudus ngapain jagung bakar, tis? Fyi jagung bakar di Kudus itu bukan semata-mata jagung karena selain jagung banyak juga yang ikut dibakar (lah?). Jadi gini, anggap main menu nya yaitu jagung bakar. Terus side dish nya ada buanyaaakkkk (ceilah side dish wkwk), mulai dari sosis, tahu bakso, bakwan jagung, tempura, nugget, usus ayam, telor puyuh, burung dara juga ada. Semuanya dibakar, terus jagungnya diserut kemudian dikasih bumbu enak banget. Untuk bumbunya bisa pilih manis sedang atau pedes. Kalo manis enaknya jagung bakar aja, trus dikasih butter sama krim warna coklat yang rasanya mirip2 karamel. Oh ya buat yang nggak bisa makan pedes jangan sampe berani2 pesen pedes, karena pedesnya jagung bakar kudus = pedes bangeeeetttttttt. Pusat jual jagung bakar di GOR Kudus di Wergu Wetan. Kalian bisa nemu jagung bakar mulai dari jam 4 sore sampe malem, ada banyakkk banget warung jagung bakar yang aromanya semerbak. Recommendation? Untuk jagung bakar hits kudus biasanya jagung bakar Mami, jagung bakar Bu Sablah, jagung bakar Bu Paini.

6. Garang Asem
Kebanyakan mungkin udah pada tau ya apa itu garang asem? Ayam yang direbus, kuahnya pedes pake cabe dan tomat hijau segernya nggak ketulungan *maapin lebay tapi ini enak banget, makannya harus pake nasi putih. re: HARUS* Garang asem biasanya dibungkus pake daun pisang dan disajikan hangat. Di rumah makan biasanya pada jual, tapi tempat yang terkenal khas cuma jual garang asemnya yaitu di Garang Asem Sari Rasa. Tempatnya kalo dari Matahari jalan terussssss, cari aja plangnya gede banget, bangunannya warna ijo dan tempatnya rame banget.

7. Mi Bandung dan Es Teler
Who's craving for noodles in these rainy days? Me too T.T Mi Bandung ini tempatnya di Jl. Wachid Hasyim no. 39 Kudus. Tempatnya lumayan luas buat anak se-KKN kalo pengen makan enak dan murah. Kalo kesini aku suka beli esnya karena ada banyak pilihan, ada es teler, es podeng, es kacang merah, es buah. Es kacang merahnya enakkkk bangettt, kacang merahnya banyak nggak pelit. Teksturnya enak manis nagih huhuhu, harganya murah esnya cuma 12.500 rupiah.
Kenapa yang ada gambarnya cuma es kacang merah? Karena foto lainnya udah lama dan susah dicarinya, dan aku maunya merekomendasikan yang bener-bener aku udah pernah coba *bukan comot gambar dari google* 

Kira-kira ini sih yang khas kudus, nggak bisa ditemuin di tempat lain apalagi tembalang huhu dan ini yang bikin kangen pulang Kudus. Segini dulu yaaa kayaknya masih banyak tapi aku lupa wakakakak, ntar kalo inget bakal update kok. Maapin nggak bisa ngasih ancer2 detailnya since I'm very bad remembering directions (even in my hometown), jadi selamat muter-muter cari tempatnya ya semangat!!!!

DISCLAIMER:
THIS POST HAS NOT ANY AFFILIATION WITH PLACES MENTIONED ABOVE OR WITH OTHER PARTY.
The various food I've mentioned are objectively appraised by the writer. There are also many other places which sell similar food with amazing taste (so don't need to worry trying new things)
Delicious food is in the taste bud of the eater, happy explore, folks!

No comments: